Sabtu, Maret 07, 2009

Perut Bengkak dan Sakit Pertanda Kanker Ovarium

Perut sakit dan tampak bengkak dapat menjadi gejala awal dari adanya kanker ovarium. Tetapi seringkali mereka mengartikannya sebagai penyebab lain, yang seharusnya dengan mengetahui gejala awal tindakan terapi menjadi lebih efektif, hasil suatu penelitian. Hasil penelitian ini akan dilaporkan pada Journal Cancer.

Setelah melihat kembali 'medical record' sekitar 20.000 wanita, para peneliti mendapatkan paling cepat 12 bulan sebelum didiagnosis, wanita yang mengalami kanker ovarium  dua kali lebih banyak menderita gejala perut tersebut. Tetapi mereka awalnya diterapi  sebagai problem perut lainnya dibandingkan melakukan tes kanker.

Penelitian ini didasari dari ide banyaknya wanita yang memiliki gejala perut sebelum terdiagnosis kanker ovarium, dan selanjutnya dapat dilakukan tes untuk mendiagnosis kanker lebih awal, kata peneliti Dr. Lloyd H. Smith, kepala di departemen obstetri dan ginekologi, Universitas California.

Memiliki gejala nyeri perut dan bengkak bukan berarti selalu diartikan kanker overium, Smith menambahkan, namun hal ini dapat digunakan untuk dugaan kearah kanker ovarium, mengingat gejala dari kanker ovarium ini sangat jarang. Bila gejala sakit perut dan bengkak tersebut bukan akibat dari penyakit yang lainnya, dokter akan merekomendasikan wanita tersebut untuk melakukan foto pelvik dan tes serum, yang disebut CA 125, yang dapat mengindikasikan kanker ovarium, ia mengatakan.

Kanker ovarium adalah kanker yang pertumbuhannya sangat cepat, progresif dari stadium dini ke stadium lanjut hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun. Kejadian kanker ovarium ini meningkat sejak tahun 1991, dan menempati urutan ke-4 teratas dari kematian akibat kanker pada sejumlah wanita di US. Sekitar 22.000 kasus akan didiagnosis pada tahun ini, dan 16.210 wanita akan meninggal karena kanker ovarium pada tahun ini, laporan dari American Cancer Society.

Penelitian ini penting untuk menjelaskan bahwa wanita yang mengalami kanker ovarium akan mengalami rasa sakit dan bengkak diperut lebih sering dibandingkan mereka yang tidak menderita penyakit ini, kata Dr. Robert Morgan Jr, dokter pada divisi medical oncology dan therapeutic research pada City Hope Cancer Center, California.

Dr. Samuel Mok yang bekerja di gynecologic oncology di Brimingham mengatakan dibutuhkan pertanda biologik untuk menentukan kanker ovarium. Meningkatkan kewaspadaan oleh seorang dokter umum dan spesialis terhadap masalah gasrtoenterologi terhadap setiap wanita yang datang berobat harus selalu dilakukan, dan ini menjadi poin yang penting, ia menambahkan.

'Screening' terhadap penyakit ini sudah banyak diteliti sebab seringkali sampai stadium lanjut penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang berarti, ia menambahkan.

2 komentar:

  1. bisakah anda menuliskan gejala yang timbul jika terkena kanker oavrim


    thx

    BalasHapus
  2. bagaimana pula dengan perut di bawah tulang2 rusuk yg bengkak? adakah itu juga diklasifikasikan sebagai kanser?

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya.
Komentar Anda akan ditampilkan setelah dimoderasi oleh pengelola blog.

Silahkan pilih