Jumat, Maret 06, 2009

Risiko Kanker Kulit tinggi pada pemilik Rambut Merah

Peneliti US mengatakan, pemilik rambut merah ternyata berisiko lebih tinggi menderita kanker kulit akibat perbedaan proses kimiawi yang bereaksi terhadap sinar ultraviolet. Orang yang memiliki rambut merah memiliki pigmen dengan kandungan kimiawi yang berbeda dengan mereka yang memiliki rambut hitam, tim peneliti dari Duke University, North Carolina mengatakan. Perbedaan ini dapat menjelaskan bagaimana orang dengan rambut merah cenderung lebih mudah terbakar oleh sinar matahari.

Profesor John Simon dari Duke University akan mempresentasikan penemuannya pada pertemuan nasional ke 230 American Chemical Society di Washington DC

Suatu tim dari Funjita Health University di Jepang, menggunakan suatu mikroskop spesial dan laser Ultraviolet untuk melihat kandungan pigmen yang terdapat pada struktur rambut, yang disebut melanosom pada rambut merah dan rambut hitam. Mereka menemukan sesuatu yang disebut potensial oksidasi yang terdapat pada melanosom merah dan hitam.

Bahan kimia ini yang mengaktifkan oksigen dan melepaskan suatu elektron. Diketahui bahwa elektron yang lepas ini akan berhubungan dengan kerusakan sel dan menyebabkan kanker. Mereka menemukan bahwa ternyata melanosom merah lebih aktif dibandingkan dengan melanosom hitam. Ini artinya dengan diterimanya sedikit saja sinar UV dari sinar matahari, sudah berpotensi menghasilkan sel-sel yang berbahaya pada orang dengan rambut merah.

Profesor Simon menjelaskan: Aktivitas oksigen dapat menghasilkan komponen yang disebut radikal yang dapat menyababkan oksidasi dari sel sehingga sel dapat mengalami stres. Stres dari sel tersebut dapat memicu timbulnya kanker atau penyakit lainnya.

Dr. Steven Rotter, dermatolog dan pembicara  dari US Skin Cancer Foundation mengatakan bukan orang yang berambut merah karena pigmennya kurang berperan sebagai proteksi dibandingkan orang berambut hitam, tetapi  pigmennya yang lebih mudah bereaksi menghasilkan zat yang berbahaya  yang berhubungan dengan timbulnya kanker.

Ed Yong, science information officer dari Cancer Research mengatakan orang yang memiliki rambut merah dan berkulit terang dianjurkan  menggunakan pelindung sinar matahari dan memproteksi kulitnya dari paparan sinar matahari pada siang hari, menggunakan kaos dan kacamata pelindung dan rutin menggunakan krim sunscreen minimal ber-SPF 15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya.
Komentar Anda akan ditampilkan setelah dimoderasi oleh pengelola blog.

Silahkan pilih