Rabu, November 26, 2008

Pemberian ASi jangka lama meningkatkan kandungan lemak dan energi

Lebih lama seorang ibu memberikan ASI kepada anaknya, semakin tinggi kadar lemak dan energi  yang terkandung pada ASI tersebut.
Ini adalah penelitian pertama kalinya yang menganalisis lemak dan energi yang terkandung di dalam ASI seorang ibu yang menyusui bayinya lebih dari satu tahun, dikatakan peneliti Dr. Ronit Lubetzky dari Dana Children Hospital di Tel Aviv Sourasky Medical Center Israel. Di Israel banyak ibu yang menyusui bayinya untuk periode yang lama, dan tidak banyak penelitian yang meneliti kandungan nutrisi pada ASI pada periode pemberian yang lama.

Penelitian ini sangat baik dimana benar-benar menjawab pertanyaan dari banyak ibu yang menyusui, Dr. Ruth Lawrence, seorang profesor pediatri pada University Rochester School of Medicine dan anggota komite eksekutif Akademi Pediatri bagian ibu menyusui di Amerika, mengatakan.  "Saya kira hampir semua orang berpikir bahwa bila ASI diberikan terus-menerus selama satu tahun, nutrisi yang terkandung didalamnya akan berkurang, ternyata informasi ini berbeda dan hal ini sangat penting."

Tidak ada yang dapat memastikan berapa lama seorang ibu seharusnya menyusui, meskipun Akademi Pediatri di Amerika merekomendasikan untuk memberikan ASI sedikitnya 12 bulan, kenyataannya banyak yang memberikan lebih dari itu.

Menekan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler pada masa anak-anak adalah salah satu manfaat dari ASI.

Untuk menentukan lemak dan energi yang terkandung didalam ASI pada periode yang lama, Lubetzky dan timnya menguji ASI dari 34 ibu yang sedang menyusui selama 12 sampai 39 bulan, dan dibandingkan dengan ASI dari 27 ibu yang sedang menyusui untuk waktu 2 sampai 6 bulan.

Mereka mendapatkan perbedaan yang signifikan: kandungan lemak pada ibu-ibu yang menyusui untuk periode yang lama sebanyak 17,5%, dibandingkan 5% saja bagi kelompok yang memberikan ASInya baru 2-6 bulan.

Tidak jelas apakah efek tingginya energi dan lemak  yang terkandung didalam ASI mempengaruhi kesehatan anak tersebut.

Pemilihan lemak yang terdapat pada ASI, tentunya sangat berbeda dengan susu formula. Lemak yang terkandung didalam ASI merupakan kolesterol yang penting, dan pada susu formula kandungan itu tidak didapat, Lawrence mengatakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya.
Komentar Anda akan ditampilkan setelah dimoderasi oleh pengelola blog.

Silahkan pilih