Senin, November 24, 2008

Bayi punya kemampuan mengagumkan !

Bayi-bayi kemungkinan melihat sedikit suram pada 6 bulan pertama kehidupannya, tapi para peneliti lebih pandai mengenai apa yang bayi ketahui dan hasilnya sangat mengejutkan. Kata bayi berasal dari bahas latin yang berarti ‘tidak dapat berbicara’, tapi bayi-bayi membangun dasar untuk berceloteh dan berbahasa sebelum mereka dilahirkan, merespon suara yang melintas melalui cairan ketuban (amniotik).

Segera setelah dilahirkan, bayi menjadi pandai dan berpengalaman dengan hal-hal duniawi secara umum, mampu melihat detil dunia yang terlihat oleh beberapa hewan tapi tidak dapat dilihat oleh orang dewasa, anak lain dan bahkan oleh bayi yang lebih tua.

Baru-baru ini, para ahli telah mempelajari hal di bawah ini :
Pada umur beberapa hari, bayi dapat memilih bahasa lidah dari seorang asing.

Pada umur 4 bulan, bayi dapat membaca bibir, mencocokkan wajah pada video bisu menjadi suara ‘ee’ dan ‘ah’. Bayi dapat mengenali huruf vokal dan konsonan semua bahasa di dunia dan mereka dapat mendengarkan perbedaan antara suara bahasa asing sukar dipahami oleh orang dewasa.

Bayi berumur 6 bulan dapat memberitahukan perbedaan wajah 2 kera yang menurut orang dewasa adalah sama, dan mereka dapat mencocokkan panggilan kera-kera tersebut dengan gambaran pada wajah mereka. Bayi merupakan ahli ritme, mampu membedakan antara alunan (beat).

Temuan terakhir yang dipresentasikan dalam jurnal Science edisi 25 Mei 2007 yaitu bayi umur 4 bulan dapat memberitahukan apakah seseorang berbicara dengan bahasa asal atau tidak tanpa adanya suara, hanya dengan menonton video bisu ucapan mereka. Namun demikian, kemampuan ini hilang pad umur 8 bulan, kecuali anak tumbuh dalam lingkungan dua bahasa yang membutuhkan penggunaan keterampilan tersebut. Faktanya, semua keterampilan di atas menurun kira-kira pada umur lewat batas 6 bulan dan bayi belajar untuk tidak peduli informasi yang muncul pada lingkungan antara.

Studi baru melibatkan tontonan video 3 pembicara dua bahasa Inggris-Perancis yang mengucapkan kalimat pada 36 bayi. Setelah dilatih untuk biasa dengan pembicara dalam 1 bahasa, bayi-bayi berumur 4-6 bulan lebih banyak membutuhkan waktu memandang pembicara mengucapkan kalimat dalam bahasa lain, yang menunjukkan mereka memberitahukan perbedaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya.
Komentar Anda akan ditampilkan setelah dimoderasi oleh pengelola blog.

Silahkan pilih