Selasa, November 18, 2008

Minyak Zaitun bermanfaat sebagai anti nyeri

Minyak zaitun mengandung bahan kimia natural yang berkualitas tinggi, yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi dan anti nyeri seperti obat sejenis ibuprofen, hasil suatu penelitian. Penduduk Mediteranian biasa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan campuran dalam makanan mereka, karena mereka telah mengetahui minyak zaitun baik untuk kesehatan.

Ibuprofen digunakan oleh ribuan orang di Britania setiap harinya sebagai obat sakit kepala atau untuk menyembuhkan luka. Peneliti mengkalkulasikan 50 gram ekstrak minyak zaitun murni sama dengan 10% dosis ibuprofen yang digunakan sebagai anti nyeri orang dewasa. Nyeri dan inflamasi selalu berhubungan dengan seluruh penyakit manusia, termasuk penyakit hati dan kanker.

Kandungan aktif yang terdapat pada minyak zaitun adalah oleocanthal, yang memilki efek cara kerja yang mirip dengan ibuprofen atau obat-obat lain sejenisnya yang digunakan sebagai anti nyeri.

Dr. Paul Breslin, seorang peneliti dari Monnell Chemical Sciences Centre in Philadelpia, Pennsylvania, US mengatakan, makanan penduduk Mediteranian mengandung komponen penting yang terdapat didalam minyak zaitun, mereka telah lama mengetahui bahwa minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan, termasuk dapat menekan risiko stroke, penyakit jantung, kanker payudara, kanker paru-paru dan demensia.

Saat ini kita mengetahui bahwa oleocanthal merupakan anti inflamasi, sehingga sangat masuk akal bila minyak zaitun bermanfaat mempengaruhi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya.
Komentar Anda akan ditampilkan setelah dimoderasi oleh pengelola blog.

Silahkan pilih